Berikut ini beberapa Pertanyaan yang biasa ditanyakan tentang Pendaftaran Mahasiswa Baru

No.PERTANYAANJAWABAN
1.Dimana Alamat Kampus UMA ?Kampus I
Jalan Kolam No.1 Medan Estate Telp. 061 – 7360168, 7366878, 7364348

Kampus II
Jalan Sei Serayu No. Xx Telp 061 – 8225602, 8201994
2.Fakultas dan Program Studi apa saja yang tersedia di UMA ?Program Sarjana
• Fakultas Teknik
a. Teknik Sipil
b. Teknik Elektro
c. Teknik Mesin
d. Teknik Arsitektur
e. Teknik Industri
f. Teknik Infromatika
• Fakultas Pertanian
a. Agribisnis
b. Agroteknologi
• Fakultas Ekonomi dan Bisnis
a. Manajemen
b. Akuntansi
• Fakultas Hukum
• Fakultas Ilmu Sosial dan Politik
a. Ilmu Pemerintahan
b. Ilmu Adm. Publik
c. Ilmu Komunikasi
• Fakultas Psikologi
• Fakultas Sains dan Teknologi
a. Biologi

Program Magister
1. Magister Adm. Publik
2. Magister Psikologi
3. Magister Agribisnis
4. MagisterHukum

Program Doktor
1. Ilmu Pertanian
3.Apakah Universitas Medan Area Sudah Memiliki Akreditasi ?Universitas Medan Area Sudah Terakreditasi oleh BadanAkreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) berdasarkan keputusan BAN-PT No.414/SK/BAN-PT/Akred/PT/XII/2018 dengan Peringkat ”B”
Download sertifikat akreditasi disini:
(http://barki.uma.ac.id/sertifikat-akreditasi/
4.Program Studi apa saja yang sudah terakreditasi oleh BAN- PT dengan Peringkat A ?Program Studi yang terakreditasi dengan Peringkat A
1. Agribisnis
2. Manajemen
3. Ilmu Administrasi Publik
4. Ilmu Komunikasi
5. Magister Agribisnis
Download sertifikat akreditasi disini:
(http://barki.uma.ac.id/sertifikat-akreditasi/)
5.Program Studi apa saja yang sudah terakreditasi Oleh Ban PT dengan Peringkat B ?Program Sarjana
1. Teknik Sipil
2. Teknik Elektro
3. Teknik Mesin
4. Teknik Arsitektur
5. Teknik Industri
6. Agroteknologi
7. Akuntansi
8. Ilmu Hukum
9. Ilmu Pemerintahan
10. Psikologi
11. Biologi
Program Magister
1. Magister Administrasi Publik
2. Magister Hukum
3. Magister Psikologi
6.Apa langkah pertama yang harus dilakukan ketika mendaftar ?Langkah – langkah mendaftar sebagai mahasiswa baru di Universitas Medan Area dapat dilihat pada halaman website http://barki.uma.ac.id/pendaftaran-mahasiswa-baru-reguler/
7.Berkas – Berkas apa sajakah yang harus dilengkapi calon mahasiswa ketika mendaftar?Berkas yang harus dilengkapi ketika mendaftar bisa dilihat pada halaman website http://barki.uma.ac.id/pendaftaran-mahasiswa-baru-reguler/
8.Bagaimana apabila Saya belum memiliki Ijazah atau Surat Keterangan Hasil Ujian Sementara (SKHU) ?Untuk berkas Ijazah dan SKHU adalah syarat MUTLAK untuk mendaftar sebagai mahasiswa baru di UMA namun apabila berkas tersebut belum dikeluarkan oleh SMA asal, maka calon mahasiswa wajib melampirkan Surat Keterangan Kelulusan yang ditandatangi oleh Kepala Sekolah
9.Bagaimana apabila Saya belum memiliki Kartu tanda Penduduk (KTP)?Apabila calon mahasiswa belum memiliki KTP maka calon mahasiswa dapat menggunakan Surat Resi KTP atau wajib melampirkan Kartu Keluarga (KK)
10.Bagaimana Apabila Saya belum melengkapi beberapa persyaratan berkas pendaftaran ?Berkas yang wajib dibawa ketika mendaftar adalah Ijazah/SKHU/Surat Keterangan Lulus, Kartu Keluarga dan Kartu Tanda Penduduk
Apabila berkas lain belum bisa dilampirkan maka calon mahasiswa wajib melengkapinya dan memberikan kekurangan berkas sesuai kesepakatan anatara mahasiswa dan frontdesk/call center.
11.Apabila saya sudah mendaftar online dan membayar uang pendaftaran apa langkah selanjutnya ?Apabila mahasiswa sudah melakukan pembayaran Biaya Kuliah melalui VA langkah selanjutnya yaitu
1. Membawa berkas-berkas persyaratan pendaftaran dan bukti pembayaran virtual account untuk diverifikasi Frontdesk di Kampus UMA selambat-lambatnya 7 hari setelah melakukan pembayaran biaya pendaftaran
2. Membawa biaya pendidikan dan biaya administrasi lainnya (Rincian biaya dapat ditanyakan ke kontak helpdesk http://barki.uma.ac.id/2020/05/04/help-desk-biro-administrasi-registrasi-kemahasiswaan-dan-informasi/ )
3. Calon mahasiswa diminta untuk menghubungi Call Center untuk mengetahui informasi perihal jam operasional Kampus dan syarat-syarat lainnya yang harus dibawa
12.Adakah Seleksi /Ujian khusus yang harus diikuti ketika mendaftar Mahasiswa Baru di UMA?Calon mahasiswa diwajibkan mengikuti Test Potensi Akademik (dasar) dan Test Kesehatan ketika mendaftar ke Universitas Medan Area dan pelaksanaannya tidak dipungut biaya apapun
13.Apa sajakah yang saya dapatkan ketika saya sudah resmi mendaftar di Universitas Medan AreaMahasiswa yang telah melengkapi dan melewati semua proses pendaftaran mahasiswa baru akan mendapatkan:
1. NIM (Nomor Induk Mahasiswa)
2. Beberapa perlengkapan mahasiswa baru seperti; Jas Almamater , Tas, Buku Pedoman Mahasiswa, Buku Binder UMA dan perlengkapan lainnya
14.Setelah mendapatkan nomor Virtual Account Dimana saja saya bisa membayar uang pendaftaran ?Calon Mahasiswa Baru bisa melakukan pembayaran hanya melalui
1. ATM/Mobile Banking/Internet Banking
2. Bank Terdekat
3. Langsung melalui Loket di UMA
HIMBAUAN
Disampaikan kepada Calon Mahasiswa Baru Universitas Medan Area. Untuk tidak melakukan transfer biaya apapun ke No Rekening lain, Pembayaran biaya Pendaftaran Universitas Medan Area hanya menggunakan Virtual Account (VA) Bank BNI yang ada pada formulir Registrasi. Untuk info lebih lanjut dapat menghubungi call center UMA : 082267771313, 082267771314
15.Bagaimana cara pembayaran virtual account (va) melalui ATM• ATM BNI
1. Masukkan Kartu ATM
2. Masukkan PIN ATM
3. Pilih Menu Transfer
6. Masukkan Nomor Virtual Account yang ada di formulir pendaftaran (Misal: 88461198101)
7. Masukkan Nominal Jumlah Pembayaran
8. Konfirmasi
9. Transaksi Berhasil dilakukan, akan
keluar bukti pembayaran dari ATM
• ATM BANK LAIN
1. Masukkan Kartu ATM
2. Masukkan PIN ATM
3. Pilih Menu Transfer
4. Pilih Menu Transfer Antar Bank Online
5. Pilih Kode/ Nama Bank : BNI
6. Masukkan Nomor Virtual Account yang ada pada formulir (Misal: 884611981)
7. Masukkan Nominal Jumlah Pembayaran
8. Konfirmasi
9. Transaksi Berhasil dilakukan, akan
keluar bukti pembayaran dari Bank Pengirim
16.Bagaimana cara pembayaran uang pendaftaran melalui Bank?1. Datang ke Bank Negara Indonesia (BNI) terdekat dengan membawa lembar pendaftaran yang telah di print
2. Beritahu kepada satpam/ teller bahwa Anda ingin mentransfer biaya pendaftaran uang kuliah sesuai dengan No. VA yang ada di kertas pendaftaran
17.Bagaimana apabila nama pengirim yang muncul ketika membayar tidak sesuai dengan nama SayaCalon mahasiswa dimohon untuk menunda sementara pembayaran kemudian segera melapor hal tersebut dengan menghubungi call center
18.Apakah saya tetap bisa melakukan pembayaran apabila saya melewati batas waktu maksimal melalui Virtual Account?Apabila Calon mahasiswa telah mengetahui bahwa sudah melewati batas waktu maksimal pendaftaran maka calon mahasiswa diminta untuk segera menghubungi call center
19.Biaya-biaya apa saja yang harus saya bayar selain biaya pendaftaran?Untuk informasi perihal biaya lainnya yang harus dibayar mahasiswa dimohon untuk menghubungi helpdesk http://barki.uma.ac.id/2020/05/04/help-desk-biro-administrasi-registrasi-kemahasiswaan-dan-informasi/
20.Fakultas apa saja yang berlokasi di Kampus I UMA Jalan Kolam No.1 ?Di Kampus I UMA terdapat 6 Fakultas yang terdiri dari :
1. Fakultas Teknik
2. Fakultas Pertanian
3. Fakultas Hukum
4. Fakultas Ilmu Sosial dan Politik
5. Fakultas Psikologi
6. Fakultas Biologi
21.Fakultas apa saja yang berlokasi di kampus II UMA Jl. Setiabudi/Sei SerayuFakultas yang terletak di kampus II UMA adalah Fakuktas Ekonomi dan Bisnis kemudian Program Magister dan Program Doktor juga berlokasi di Kampus II UMA
22.Program Studi apa saja yang bisa saya pilih apabila saya ingin perkuliahan pagi di Kampus IIProgram Studi dengan perkuliahan pagi di kampus II adalah :
1. Manajemen
2. Akuntansi
3. Hukum
4. Ilmu Administrasi Publik
5. Ilmu Komunikasi
6. Psikologi
23.Apakah ada kelas sore/malam di UMA? Dimana lokasi dan kapan jadwal perkuliahannya?Universitas Medan Area membuka kelas malam untuk beberapa program studi yaitu :
1. Teknik Sipil
2. Teknik Mesin
3. Teknik Industri
4. Akuntansi
5. Manajemen
6. Ilmu Hukum
7. Ilmu Adm Publik
8. Ilmu Komunikasi
9. Psikologi

Perkuliahan kelas Sore/Malam dilaksanakan pada Hari Senin s/d Jumat, Pukul 17.00 – 20.30 wib
24.Apakah perbedaan antara kelas Pagi (A), Pagi (B) dan Sore/Malam yang terdapat di formulir pendaftaran mahasiswa baru?Ketika melakukan pengisian formulir pendaftaran, calon mahasiswa akan menemukan kolom pemilihan kelas, berikut ini penjelasan mengenai jenis Kelas yang akan dipilih sesuai dengan kebutuhan calon mahasiswa:
1. Pagi (A) : merupakan kelas yang perkuliahannya dilakukan di Kampus I, kecuali Fakultas Ekonomi (Manajemen dan Akuntansi) perkuliahan dilakukan di Kampus II
2. Pagi (B) : merupakan kelas yang perkuliahannya dilakukan di Kampus II, tetapi Kantor Akademik Fakultas berada di Kampus I. Kelas Pagi (B) hanya untuk beberapa Program Studi saja yaitu : Hukum, Psikologi, Administrasi Publik dan Ilmu Komunikasi
3. Sore/Malam : merupakan kelas yang perkulihannya dilakukan di Kampus II. Kelas Sore/Malam hanya di buka untuk beberapa Program Studi yaitu : Teknik Sipil, Teknik Mesin, Teknik Industri, Manajemen, Akuntansi, Hukum, Administrasi Publik, Ilmu Komunikasi, dan Psikologi
25.Apakah Jadwal dan Jam Perkuliahan Kelas Pagi di Kampus I dan II UMA sama?Jadwal dan Jam Perkuliahan di Kampus I dan II dilaksanakan pada hari Senin – Jumat dari Pukul 08.00 s/d 15.00 wib
Setiap mahasiswa memiliki jadwal berbeda dengan mahasiswa dari kelas/prodi lain tergantung oelh mata kuliah yang diambil mahasiswa yang bersangkutan